Artikel Tentang Arwana

Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar yang sangat digemari kalangan tertentu. Ikan ini juga disebut “Ikan Naga” karena sering dihubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa dimana naga versi Cina dianggap sebagai simbol kekuatan alam, khususnya angin topan. Pada umumnya makhluk ini dianggap memiliki sifat yang baik selama ia selalu dihormati. Sedangkan naga dalam budaya Kalimantan, khususnya suku Dayak dan suku Banjar dianggap sebagai simbol alam bawah. Naga digambarkan hidup di dalam air atau tanah dan disebut sebagai Naga Lipat Bumi. Naga merupakan perwujudan dari Tambun yaitu makhluk yang hidup dalam air.

Ikan arwana Asia merupakan salah satu ikan hias paling favorit dan digemari banyak kalangan di dunia. Dengan ketahanan fisik yang kuat, harga yang mahal dan pecinta arwana yang ada dimana-mana menjadikan arwana menjadi ikan legenda. Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Adapun jenis-jenis Arwana adalah :

Arwana Asia (Scleropages formosus)

Di sebut green arowana karena jenis ini memiliki warna dasar hijau. Walaupun tidak memiliki ring (warna mengkilap di pinggir sisik) seperti saudaranya super red, jenis ini  juga memiliki keindahan tersendiri. Varietas ini bisa ditemukan di Malaysia, Kamboja, Thailand, Indonesia & Myanmar. Green arowana biasa dikalangan hobbies di sebut arwana pino.

  • Arwana Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia

Jenis ini sering kali dianggap sebagai varietas arwana merah kelas dua. Namun jenis ini tetap memiliki ciri & khasnya sendiri. Sehingga para hobbies masih tetap memburu arowana jenis ini sebagai koleksi. Warna sisiknya yang memiliki warna dasar kehijauan & membentuk seperti tapal kuda dan sedikit merah muda di usia dewasa membuat arwana jenis ini cukup unik. Di usia mudanya, ukuran 10-15 cm terlihat sangat mirip dengan arwana super red. Dari warna ekor dan sirip yang kemerahan, begitu juga dengan dayung hampir sama dengan arwana super red. Namun setelah mencapai ukuran 15-20 cm pada umumnya warnanya mulai berubah. Ekor mulai terlihat oranye. Bandjar red tidak memiliki ring pada umumnya, sama halnya dengan green arowana. Harga Arwana jenis inipun lebih mahal dari green arowana (pino)/golden pino.

  • Arwana Emas, ditemukan di Malaysia

Arwana Golden Malaysia (Malayan Bonytongue) atau lebih dikenal dengan sebutan “Cross Back (XBack) Gold Arowana” adalah jenis Arwana Asia (Scleropages formosus) yang berasal dari negara Malaysia seperti nama yang disandangnya. Seperti “sepupunya” arwana Golden Merah yang berasal dari Indonesia, jenis arwana ini pun mempunyai ciri-ciri dasar yang hampir sama walaupun tetap ada bedanya. Di habitat asalnya arwana ini juga bisa mencapai panjang 90 cm.

Ciri-ciri arwana ini adalah mempunyai sirip punggung dan 1/3 (sepertiga) bagian atas sirip ekornya berwarna abu kehijauan sedangkan 2/3 (dua per tiga) bagian sirip ekor dan sirip-sirip lainnya berwarna merah kecoklatan. Bagian atas punggung berwarna gelap, ada yang berwarna abu-abu, abu kecoklatan sampai kehitaman. Sisik-sisiknya berwarna dasar biru, hijau, emas/kuning dan platinum dengan cincin (ring) atau batas pinggir berwarna keemasan. Selain sisik-sisiknya, bagian pipi juga berwarna kuning keemasan. Pada arwana dewasa, sisik-sisik yang mempunyai cincin keemasan tersebut menutup seluruh tubuhnya sampai ke atas punggungnya seperti yang terlihat pada arwana Super Merah. Ada juga arwana jenis ini – yang dikatakan “high grade” atau berkualitas tinggi – mempunyai sisik-sisik bercincin keemasan yang mencapai punggungnya ketika masih berukuran relatif kecil.

  • Arwana Merah, ditemukan di Indonesia

Ikan Arwana jenis ini memiliki penampilan yang sangat mempesona. Sosoknya terlihat gagah, dengan warna sirip terang menyala menjadikan ikan ini sebagai komoditi andalan ikan hias air tawar Indonesia. Popularitas arwana super red benar-benar menanjak beberapa tahun terakhir. Satwa air eksotik asli Indonesia ini mencuat diantara keroyokan ikan hias besutan manca negara macam koi, maskoki, dan louhan.

Arwana jenis ini berasal dari Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan bagian barat di sungai kapuas dan danau sentarum. Arwana jenis ini pada dasarnya terbagi lagi menjadi beberapa varietas berdasarkan warna, yaitu warna merah darah (blood red), merah cabe/cabai (chili red), merah oranye (orange red).


Arwana jenis ini sudah memiliki warna merah pada sirip, ekor, dayung dan sungut sejak kecil yang kemudian akan muncul juga di bagian pipi dan pinggir insang. Ring akan mulai terlihat sejak mencapai ukuran 25 cm, namun belum mengeluarkan warna merah. Warna merah pada badan akan mulai keluar saat ikan berumur kurang lebih 3-4 tahun. Namun para hobbies sering kali menggunakan trik-trik untuk membantu mempercepat perkembangan warna, seperti tanning, pemberian pakan yang bagus untuk perkembangan warna, atau dengan menempatkan ikan di kolam yang terkena sinar matahari langsung.

Arwana Australia

  • Scleropages jardini : Arwana Irian/Pearl/Northern Barramundi

  • Scleropages leichardtii : Spotted/Saratoga

Warna yang dimiliki kedua varietas arwana ini cukup unik. Warna dasarnya adalah hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kunign ke emasan bahkan ada yang berbintik merah pada bagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) sampai pada sirip & ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari australia, meski sering ditemukan di pulau Irian. Maka dari itu jenis ini juga terkadang disebut arwana Irian oleh para hobbies.

Jardini arwana sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu warna dasar lebih gelap dan yang lebih terang. Yang memiliki warna dasar lebih gelap adalah scleropqges jardini dan yang memiliki dasar lebih terang adalah scleropqges leichharti.

Arwana Amerika Selatan

  • Osteglossum bichirrhossum : Arwana Silver

Arwana jenis ini berasal dari benua amerika yang tepatnya di negara bagian Brazil dan banyak terdapat diperairan sungai amazon. Saat ini jenis ikan ini juga telah dapat di ternakkan di indonesia, arwana jenis silver ini juga banayk dicari bagi pemula yang ingin memelihara arwana

  • Osteglossum ferreirai: Arwana Hitam

Varietas Arwana ini juga berasal dari Amerika Selatan dan masih satu jenis dengan silver arwana serta bentuk tubuhnya pun sangat perrsis, hanya yang membedakannya adalah warna sirip dan ekor yang agak kehitaman. Warna hitam tersebut lambat laun akan memudar saat arwana mulai dewasa.

  • Arapaima Gigas

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropisAmerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

Arwana Afrika

Heterotis nilocitus


Catatan : Artikel, informasi dan gambar diatas adalah kutipan dari beberapa sumber hasil dari browsing di beberapa website mengenai Arwana.

About these ads

~ oleh calioarwana pada Januari 25, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: